bitcoin
Home » » Banyak Hal yang Jauh Lebih Berharga Daripada Uang

Banyak Hal yang Jauh Lebih Berharga Daripada Uang

Written By MDC on Minggu, 29 Juli 2012 | 4:53:00 PM

MyDomisil.Com - Uang bukan segalanya, hanya saja segalanya memang membutuhkan uang. Di jaman skrng nampaknya sudah jarang sesuatu yg bisa kita dapatkan dgn gratis. Bahkan air yg melimpah ruah di planet Bumi tercinta ini pun sudah bnyk org mengkomersilkannya.

Mungkin hanya udara... Ya, hanya udara untuk kita bernafas masih bisa dinikmati dgn gratis. Entah, di masa depan apakah masih akan tetap bisa kita nikmati dgn gratis.

Banyaknya polusi dan meningkatnya gas karbon bukan tidak mungkin memberikan peluang bisnis orang untuk menjual udara. Udara bersih untuk sekedar kita bernafas.

Berikut ini merupakan hal yang ternyata tidak bisa kita dapatkan dgn uang. Nilainya jauh lebih berharga dari uang tersebut.

1. Ketulusan
Bukan sesuatu yg berlebihan jika "Ketulusan" kita posisikan di urutan pertama. Sifat ini paling disukai oleh semua orang. Membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena percaya bahwa kita tidak akan membodohi atau membohongi mereka. Kebenaran selalu terucap dari bibir seorang yg tulus, tidak mengada-ada, pura-pura, mencari-cari alasan atau memutarbalikkan fakta. Namun, akan lebih baik jika ketulusan ini jg diimbangi dgn kecerdikan. Agar ketulusan tidak menjadi keluguan yg bisa merugikan diri sendiri.

2. Kerendahan Hati
Bukan rendah diri yg merupakan kelemahan, melainkan 'kerendahan hati' yg justru dapat mengungkapkan kekuatan. Rendah hati hanya dimiliki oleh orang yg berjiwa kuat. Layaknya filosofi padi yg semakin berisi semakin menunduk. Membuat orang yg di atasnya merasa oke dan orang yg di bawahnya tidak merasa minder, karena ia bisa mengakui dan menghargai kemampuan ataupun keunggulan org lain.

3. Kesetiaan
Orang yg setia selalu dpt dipercaya dan dapat diandalkan. Dia sllu menepati janji, berkomitmen kuat, rela berkorban dan tidak suka berkhianat.
Namun sayangnya, 'kesetiaan' sudah menjadi barang langka dan jarang kita temui. Kesetiaan itu sangat tinggi harganya.

4. Bersikap Positif
Berpikir dan bersikap positif (Positive Thinking) merupakan perilaku yg selalu berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahkan dlm situasi yang buruk sekalipun. Dia lebih suka memuji daripada mengecam, lebih suka bicara mengenai harapan daripada keputusasaan, lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain, dan sebagainya.

5. Keceriaan
Keceriaan tidak harus diartikan ekspresi wajah dan tubuh, tapi sikap hati. Karena tidak semua orang dikaruniai temperamen ceria, yang bisa menikmati hidup, tidak mudah mengeluh dan selalu berusaha meraih kebahagiaan. Keceriaan punya potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain.

6. Bertanggung Jawab
Orang yg bertanggung jawab selalu menyadari bahwa dirinya sendirilah yg bertanggung jawab atas apapun yg dialami dan dirasakannya.
Senantiasa berusaha melaksanakan kewajibannya dgn sungguh2. Apabila melakukan kesalahan, berani mengakuinya. Ketika kegagalan yg dialami, dirinya tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan di saat dia merasa kecewa dan sakit hati, ia takkan menyalahkan siapapun.

7. Percaya Diri
Orang yg percaya diri tahu apa yg harus dilakukannya dan melakukan hal tersebut dgn sebaik-baiknya. Karena rasa percaya diri memungkinkan seseorang menerima dirinya sebagaimana adanya, menghargai dirinya dan menghargai orang lain. Orang yg percaya diri mudah menyesuaikan diri dgn lingkungan dan situasi yg baru.

8. Berjiwa Besar
Orang yg berjiwa besar tidak membiarkan dirinya dikuasai oleh rasa benci, dendam dan permusuhan.
Kebesaran jiwa dapat dilihat dari kemampuan seseorang memaafkan orang lain. Ketika menghadapi masa2 sulit dia akan tetap tegar, dan tidak membiarkan dirinya hanyut dlm kesedihan serta keputusasaan.

9. Easy Going
Orang yg easy going biasanya tidak mau ambil pusing dan stress dgn masalah2 yg berada di luar kendalinya. Tidak suka mengungkit masa lalu dan tidak mau khawatir dgn masa depan. Ia menganggap hidup ini ringan, tidak ingin membesar2kan masalah kecil, bahkan berusaha mengecilkan masalah2 besar.

10. Empati
Orang yg ber-empati selalu berusaha memahami dan mengerti orang lain, inilah yang membuat sikap tersebut sangat mengagumkan. Ia bukan hanya pendengar yang baik tapi juga bisa menempatkan diri pada posisi orang lain. Ketika terjadi konflik di selalu menjadi penengah dan berusaha mencari jalan terbaik bagi kedua belah pihak, tidak suka memaksakan pendapat dan kehendaknya sendiri.

Itulah beberapa perilaku yang menurut saya lebih berharga dari uang, di tengah sulitnya kondisi ekonomi dan berbagai cobaan yang kita terima, semoga perilaku tersebut dapat memberi kemudahan di setiap langkah kita.
Source
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
© 2012 - 2014 Domisil
Domisil Moonow - SULUT - Indonesia
Powered by Blogger
Template by Creating Website