bitcoin
Home » » Tradisi Unik nan Menarik Seputar Imlek

Tradisi Unik nan Menarik Seputar Imlek

Written By MDC on Sabtu, 09 Februari 2013 | 3:34:00 PM


MyDomisil.Com - Sejumlah tradisi unik banyak dilakukan demi untuk memeriahkan acara tersebut. Tapi dibalik kemeriahan, ternyata tradisi itu banyak mengandung makna di dalamnya. Dan berikut adalah fakta unik seputar perayaan Tahun Baru Imlek beserta tradisi yang dilakukan para warga Tionghoa.

1. Membersihkan dan Mendekorasi Rumah
Membersihkan rumah juga memiliki lambang keyakinan rumah akan bersih dari keburukan dan siap menerima keberuntungan di tahun baru tersebut. Orang Tionghoa juga biasanya mendokar ulang rumah mereka. Tembok dinding dicat ulang dan ditempeli kerta yang bertuliskan kalimat atau kata-kata baik. Semua dekorasi ini didomonasi warna merah yang artinya melambangkan kesejahteraan, kuat dan juga keberuntungan.

2. Melunasi dan Mengurangi Hutang
Sebelum tahun baru itu tiba, warga Tionghoa beramai-ramai melunasi ataupun membayar utang mereka dengan harapan tahun yang baru ini mereka tidak terbebani utang sedikit pun.

3. Barongsai atau Liong Naga
Saat Imlek binatang yang satu ini memang wajib ada saat perayaan Imlek tiba, bintang ini merupakan lambang kebahagian dan juga kesenangan serta membawa hoki.

4. Makanan Khas
Saat perayaan Imlek tiba biasanya ada 12 macam masakan dan 12 macam kue yang melambangkan 12 macam shio. Masing-masing makanan pun memiliki maknanya sendiri-sendiri. Contohnya saja siu mie artinya melambangkan panjang umur dan juga kemakmuran, lapis legit juga melambangkan rezeki yang berlapis-lapis, ikan simbol air serta bebek dan ayam utuh juga dilambangkan sebagai udara, yang merupakan sumber dari kehidupan.

5. Angpao
Amplop berwarna merah yang didalamnya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah yang melambangkan kegembiraan dan juga semangat yang tentunya membawa nasib baik. Dalam memberikan sebuah angpao juga ada aturannya juga loh, orang yang boleh memberikan angpao hanya yang sudah menikah dan memberikan angpao tersebut kepada anak-anak dan tentunay orang tua. Tapi bagi kalian yang sudah bekerja tapi belum menikah, bahkan tidak boleh memberikan angpao karena dianggap menjauhkan jodoh. Anak yang sudah bekerja masih boleh menerima angpao dari orang tuanya, paman, bibi, untuk yang sudah menikah hanya boleh mendapatkan angpao dari orang tuanya. Angpao tidak boleh diisi dengan uang yang mengandung angka 4 seperti Rp4.000 karena empat dalam bahasa Cina terdengar seperti kata ‘mati’. Jumlah uang juga tidak boleh ganjil karena berhubungan dengan pemakaman.

6. Pantang Makan Bubur saat Imlek
Karena bubur dianggap simbol kemiskinan.

7. Tidak Boleh Membalik Ikan
Ikan yang dihidangkan tidak boleh dibalik untuk mengambil daging pada sisi lainnya. Ikan juga tidak boleh habis sekaligus melainkan harus disisakan untuk dinikmati keesokan harinya. Ini melambangkan nilai surplus untuk tahun berikutnya.
Source

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
© 2012 - 2014 Domisil
Domisil Moonow - SULUT - Indonesia
Powered by Blogger
Template by Creating Website