bitcoin
Home » » Ini 8 Penyebab yang Bikin Wanita Tak Sadar Bila Hamil

Ini 8 Penyebab yang Bikin Wanita Tak Sadar Bila Hamil

Written By MDC on Kamis, 28 Februari 2013 | 6:13:00 PM


MyDomisil.Com - Mengandung bayi selama 9 bulan bukan hal yang mudah. Dibutuhkan kesiapan batin, fisik dan emosional agar kehamilan dapat berlangsung sehat. Anehnya, ada beberapa kasus langka di mana seorang wanita tidak tahu bahwa dirinya sedang hamil. Kehamilan akan merubah penampilan fisik kebanyakan wanita. Yang umum terjadi adalah berhenti mengalami menstruasi, perut membesar dan berat badan meroket. Pada kasus-kasus tertentu, ada beberapa hal yang membuat wanita tidak menyadari kehamilannya.

Seperti dilansir Discovery Fit & Health, Selasa (26/2/2013), beberapa faktor tersebut antara lain:
1. Salah mengira gejala kehamilan dengan penyakit
Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, wanita tidak tahu bahwa dirinya hamil karena meyakini gejala kehamilannya disebabkan oleh masalah kesehatan. Misalnya pernah mengalami komplikasi seperti tumor ovarium atau kista yang memiliki gejala serupa. Para wanita ini terkadang enggan memeriksakan diri jika sudah pernah memiliki masalah kesehatan. Gejalanya dikira bisa hilang sehingga rasa sakit atau gejala aneh dibiarkan begitu saja.

2. Terlalu percaya kontrasepsi
Meskipun alat kontrasepsi seperti pil KB dan kondom sangat efektif mencegah kehamilan, tapi khasiatnya tidak 100 persen. Jika tidak digunakan dengan benar, efektivitasnya akan menurun secara signifikan. Misalnya tidak teratur minum pil KB atau menggunakan kondom kadaluarsa.

3. Bayi yang tidak aktif
Ketika hamil, biasanya bayi di dalam rahim bergerak dan menendang-nendang perut ibunya. Ada kalanya bayi berada dalam posisi sedemikian rupa sehingga gerakannya sulit dideteksi, misalnya bayi sungsang di mana kakinya berada di bagian bawah rahim. Bisa juga memang jabang bayinya kurang aktif ketimbang bayi lain pada umumnya sehingga tidak banyak bergerak. Ketika ibu hamil merasakan adanya gerakan bayi, malah salah dikira sebagai gangguan pencernaan.

4. Gangguan mental
Wanita yang tidak tahu dirinya hamil hingga melahirkan seringkali dituduh tidak stabil mentalnya. Memang ada beberapa kasus wanita yang menyangkal kehamilannya karena gangguan mental, bisa juga disebabkan oleh stres. Beberapa gangguan yang membuat wanita menyangkal atau tak menyadari kehamilannya adalah skizofrenia, depresi dan berbagai macam gangguan kepribadian.

5. Divonis mandul
Kemandulan adalah kenyataan pahit bagi pasangan yang sedang menginginkan anak. Ada juga pasangan yang sengaja menjalani kontrasepsi jangka panjang seperti vasektomi ataupun tubektomi. Tetapi kemampuan untuk hamil dapat berubah dari waktu ke waktu. Walau jarang terjadi, vasektomi pada pria mungkin tidak sepenuhnya berhasil. Saluran sperma yang terputus bisa tersambung kembali saat terjadi proses penyembuhan sehingga masih bisa menghasilkan sperma hidup.

6. Siklus Menstruasi tidak teratur
Salah satu tanda-tanda awal kehamilan adalah berhentinya siklus menstruasi. Tapi terkadang wanita hamil juga bisa mengalami pendarahan sehingga menipu seolah-olah dirinya tidak sedang hamil. Pada kasus lain, wanita tidak tahu sedang hamil karena memiliki riwayat siklus menstruasi yang tak teratur. Maka ketika mulai berhenti mengalami menstruasi, wanita tersebut sudah terbiasa dan tidak berupaya memeriksakan diri. Penyebabnya juga bisa karena stres.

7. Obesitas
Perut yang membesar adalah petunjuk paling jelas yang menandakan seorang wanita tengah hamil. Tapi ada kalanya tanda ini tersamarkan akibat kondisi tertentu, yaitu obesitas atau kelebihan berat badan. Membesarnya perut karena hamil bisa jadi tak terlihat pada wanita yang kelebihan berat badan. Kelebihan lemak tubuh di darah sekitar perut dapat membantu menyembunyikan keberadaan bayi, bahkan dari ibunya sendiri.

8. Hasil alat tes kehamilan keliru
Ketika mencurigai dirinya hamil, seorang wanita biasanya akan melakukan tes kehamilan sendiri di rumah. Tes tersebut mengukur tingkat hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urin. Peningkatan kadar hormon ini menunjukkan bahwa seorang wanita tengah hamil. Hasil pembacaan tes kehamilan bisa keliru jika tidak digunakan benar, salah membacanya atau dipakai terlalu dini. Meskipun mengklaim 99 persen akurat, ada kemungkinan alat tes kehamilan tidak sepenuhnya menangkap kadar hCG di hari-hari pertama kehamilan.
Source

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
© 2012 - 2014 Domisil
Domisil Moonow - SULUT - Indonesia
Powered by Blogger
Template by Creating Website